Kartun Spongebob Buat Balita Tak Fokus

Artikel ini Sangat Penting !!! Jadi Bagi anda yang punya anak atau adik yang berusia di bawah 4 tahun(Balita) , segaralah melarang anak anda ! Jika anda tidak memperdulikan artikel saya , maka dampaknya sangat besar bagi anak anda . Baiklah langsung ke pokoknya saja yah .


   Kemampuan Anak untuk Berkonsentrasi dalam belajar maupun mengerjakan hal    lain di pengaruhi oleh tontonan di televisi. Film karton yang terlalu banyak unsur imajinasinya seperti Spongebob Squarepants di nilai tidak cocok untuk anak di bawah usia 4 tahun.Sebuah penelitian yang di publiskan baru-baru ini di jurnal pediatrics mengungkap , karakter  para tokoh yang ada di kartun Spongebob di anggap kurang realistis untuk anak di bawah usia 4 tahin. akibatnya , anak-anak jadi susah konsentarasi saat memikirkan hal lain .
  Selain mengganggu konsentrasi , pengaruh tayang semacam itu  pada anak juga tampak pada kemampuan untuk menyelesaikan suatu  pekerjaan . Anak-anak cenderung susah menyelesaikan suatu pekerjaan karena bermasalah dengan salah 1 komponen kecerdasan yang di sebut dengan komponen eksekutif.
  Penelitian tersebut di lakukan oleh para ilmuan di Vergina University dengan melibatkan 60 anak berusia 4 tahun. Anak-anak tersebut dibagi menjadi 3 kelompok , masing-masing di suruh melakukan aktivitas yang berlarian dalam waktu 9 menit .
   Kelompok pertama di suruh menonton cuplikan film Spongebob untuk mewakili tayangan kartun yang di anggap kurangkan realitis . Kelompok ke2 menonton cuplikan kartun yang lebih realitis yakni Caillou , sedangkan kelompok ke3 di suruh menggambar . Setelah 9 menit , para peneliti mengamati  dampaknya pada kemampuan eksekutif yang meliputi kemampuan  konsentrasi dan kemampuan untuk menyelesaikan suatu pe4kerjaan . Dari ke3 Aktivitas yang diujikan , menonton film spongebob memberikan pengaruh paling buruk .Namun akibat jangka panjang nya masih dipertanyakan . American Academy of Pediatrics ( AAP ) sendiri mengatakan bahwa orang tua hendaknya membatasi  waktu menonton TV  anak-anak , terutama acara hiburan , agar tidak lebih dri 1-2 jam/hari dan melarang anak-anak berusia di bawah 2 tahun untuk menonton TV .
   "Kita tidak bisa mengatakan dengn pasti apa efek jangka panjangnya , tapi penelitian kecil ini merupakn saran bahwa hal ini bisa menjadi masalah  yang nyata" Ucap Dr. Dimtri Christakis dari University of Washington  di seattle  sekaligus penulis editorial di jurnal Pediatrics . Menanggapi Temuan itu , Juru bicara Nickelodeon yang memproduksi film kartu Sponebob Squarepants berkilah bahwa tayangan tersebut memang tidak anjurkan untuk anak di bawah usia 4 tahun . David Bittler , sang Juru bicacara  mengatakan bahwa  film tersebut lebih ditunjukkan untuk kelompok usia 6-11 tahun .
   Untuk usia prasekolah , Spongebob jelas tidak masuk daftar tontonan yang di rekomendasikan . Barangkali yang lebih tepat adalah Dore The Explorer ," Ungkap Bittler seperti dikutip dari MSNBC , Kemarin . Kontroversi terkait film kartun Spongebob SquarePants sebagai tontonan untuk anak Bukan kali ini saja mencuat. Beberapa waktu yang lalu , film ini juga dikritik karena tokoh utamanya hanya bergaul dengan sesama laki-laki sehingga mengesankan Bahwa ia adalah gay atau Homosex.
This entry was posted in :

0 coment:

Posting Komentar

Jika tidak ada terasa beban di tangan anda tolong Sisipkan komentar !!!